Kamis, 26 Mei 2011

SEL ABSOLUT DAN SEL RELATIF , Penjumlahan pada Excel ,Penggunaan AutoFill ,dan Memulai Buat Dokumen



I. SEL ABSOLUT DAN SEL RELATIF

Sel absolut adalah sel yang tidak berubah jika disalin
Sel relatif adalah sel yang berubah jika disalin

Cara untuk memasukkan alamat sel absolut adalah dengan menekan tombol F4.
Sel absolut diwakili oleh tanda dolar ($)
Contoh:
Klik sel E5, lalu letakkan pointer mouse di antara E dan 5, kemudian tekan tombol F4.

Latihan 3
  1. Buat tabel seperti berikut ini.
  1. Untuk menghitung harga jual rumusnya adalah harga asli barang yang bersangkutan X nilai discount. Langkahnya, klik di sel C5. Ketikkan tanda “=” dan arahkan kursor ke alamat sel yang akan dihitung. Selanjutnya tekan Enter.
  1. Salin rumus di atas.


  1. Hasil di atas adalah salah. Itu adalah contoh sel relatif.
  2. Untuk membetulkan, klik sel C5. Pada formula bar, klik mouse di antara huruf B dan angka 1. Tekan tombol F4 untuk memberi alamat absolut pada sel B1.

  1. Akan muncul tanda dolar. Selanjutnya tekan Enter. Salin rumus ke bawah.
  1. Klik ikon Save untuk menyimpan kembali.  
 

II. Penjumlahan pada Excel

Fungsi penjumlahan ini dengan menggunakan formula atau rumus COUNTIF dan SUMIF. Ini adalah salah satu variasi dalam penjumlahan pada excel dengan menggabungkan antara fungsi penjumlahan dengan fungsi IF.

Fungsi COUNTIF bukan untuk menjumlahkan nilai-nilai yang berada pada cell, melainkan menjumlahkan berapa banyak data yang termasuk dalam persyaratan (kategori tertentu).

Kalau kita ingin menjumlahkan data pada range tertentu dengan menggunakan sebuah persyaratan atau criteria maka kita menggunakan rumus SUMIF.


Pada sesi ini kita akan berlatih fungsi COUNTIF.
Kasus: Carilah ada berapa siswa yang lulus dan gagal dari sejumlah siswa yang mengikuti tes. Masukkan data dalam tabel dibawah ini dalam sheet excel:



Tips: Untuk mencari hasil LULUS/GAGAL gunakan rumus logika “IF statement”.
Selanjutnya pada cell C11 ketikkan rumus sebagai berikut (tanpa tanda kutip):
=COUNTIF(C2:C9;"LULUS")
Artinya kita akan mencari ada berapa kata ”LULUS” pada cell C2 sampai C9.
Pada cell C12 ketikkan rumus sebagai berikut (tanpa tanda kutip):
=COUNTIF(C2:C9;"gagal")”.
Artinya kita akan mencari ada berapa kata ”GAGAL” pada cell C2 sampai C9. Perhatikan bahwa penggunaan huruf besar maupun kecil pada rumus dianggap sama.
Hasil yang akan diperoleh sebagai berikut:



Demiki andulu teman-teman, selamat berlatih.... Untuk fungsi SUMIF akan dibahas pada sesi Belajar Excel berikutnya

III.Penggunaan AutoFill
 Pada kolom No, KODE dan NAMA UNIT dapat digunakan Autofill agar lebih cepat dalam memasukkan data yang berulang. Fasilitas ini diaktifkan ketika kotak hitam kecil yang disebut fill handle digeser di atas cell-cell baru. Fill handle berada di ujung kanan bawah cell aktif atau range cell yang dipilih. Ketika menempatkan pointer cell di atas fill handle, pointer cell berubah menjadi tanda tambah, menunjukkan bahwa fasilitas AutoFill telah diaktifkan. Untuk membuat seri label, angka, atau tanggal, geserlah pointer di atas cell-cell yang ingin diisi dengan informasi, lalu lepaskan tekanan tombol mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai.

 
Pada Kolom NO dan KODE, Autofill digunakan untuk membuat seri number secara terurut sedangkan pada kolom Nama Unit digunakan untuk mengcopy data yang sama ke beberapa cell secara cepat. Selanjutnya lengkapi data tabel seperti pada Gambar 1.3.

 
 Gambar 1.3.
IV. Memulai Buat Dokumen
 Pada sub bab ini, kita akan membuat dokumen sebagai contoh pengelolaan data sederhana. Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell, dan memanfaatkan fasilitas Autofill. Berikut contoh pengelolaan data yang pertama seperti pada Gambar 1.2.

Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 6.2 adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan Sub Judul Laporan
# Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “Daftar Unit Kerja”  pada Cell aktif tersebut.
# Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A3, A4, A5, D4 dan D5 seperti pada tampilan  dibawah ini:


# Buat data tabel pada Laporan dengan memulai pengetikan pada A7 sampai F7 untuk judul tabel           dan A8, A9, B8, B9, dst untuk data pada tabel.
 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar